Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

SEA Games (Karate) - Kumite Beregu Putri Sumbangkan Medali Emas ke-10

Jakarta (ANTARA) - Tim karate kumite beregu putri menyumbangkan medali emas ke-10 bagi kontingen SEA Games XXVI/2011 Indonesia setelah mengungguli Malaysia 2-1 dalam pertandingan final di Stadion Tennis Indoor Senayan Jakarta, Senin.
Sementara medali perunggu nomor ini jatuh ke tangan Filipina dan Myanmar.
Dengan keberhasilan itu kontingen karate Indonesia tampil sebagai juara umum di cabang ini dengan mengumpulkan 10 medali emas
, 2 perak, dan 4 perunggu.

Dari 17 nomor yang dipertandingkan, 4 medali emas lainnya jatuh ke tangan Malaysia ditambah 2 perak dan 8 perunggu, sedangkan Vietnam kebagian 3 medali emas ditambah 8 perak dan 2 perunggu.
Keberhasilan regu kumite putri diawali Fitrianingsih Nur Hadiyanti yang membukukan kemenangan 2-0 atas Jamalliah Jamaludin.
Tetapi pada partai kedua, Yolanda Asmuruf justru takluk 1-2 atas Yamini Gopalasamy, dan kemenangan ditentukan partai ketiga ketika Martinel Prihastuti unggul 4-2 atas Shakkila Sami Jefry Krisnan dalam pertarungan yang berlansung sengit.
Turunnya Martinel pada partai terakhir merupakan momen heroisme dari para atlet karate Indonesia di tengah gemuruh yel-yel dukungan yang diberikan suporter serta seluruh atlet dan ofisial kontingen Indonesia.
Martinel yang bertinggi badan 149 centimeter sebenarnya kalah dalam postur tubuh menghadapi Shakkila yang memiliki tinggi 172 centimeter.
"Saya bertekad keras ingin membuktikan diri bahwa saya tidak kecil meskipun dia (Shakkila) memang lebih besar dari saya," ujar Martinel seusai pengalungan medali.
Sementara di kubu Malaysia, Shakkila menangis menyesali keputusan wasit yang dinilai merugikannya ketika berhasil menjatuhkan Martinel di pertengahan laga.
Sesuatu yang spesial ketika regu kumite putri berlaga di final, adalah kehadiran atlet anggota kontingen Tantri Widyasari yang datang dengan menggunakan kursi roda.
Tantri yang juga anggota skuad kumite putri harus menjalani perawatan akibat cedera saat berlaga di kumite perorangan pada Minggu lalu.
Dari sisi matras arena pertandingan, Tantri tidak kuasa menahan tangis haru setelah menyaksikan rekan-rekannya merebut medali emas dan ia sendiri kemudian diserbu oleh rekan-rekannya.
Perolehan medali cabang karate (emas perak perunggu):
1. Indonesia 10 2 4
2. Malaysia 4 2 8
3. Vietnam 3 8 2
4. Thailand 0 2 4
5. Filipina 0 1 6
6. Brunei 0 1 2
7. Myanmar 0 1 3
8. Laos 0 0 4
9. Singapura 0 0 1
10. Timor Leste 0 0 0

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Anda berkomentar, namun tetap jaga kode etik dan menghindari spam